JudulIdentifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Pada Materi Asam-Basa Di SMA Negeri 2 Sigi. |
Nama: RENALDI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Renaldi. (2019). “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Pada Materi Asam-Basa di SMA Negeri 2 Sigi.” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas tadulako, palu. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk “Menghitung, menjelaskan, dan mendeskripsikan miskonsepsi siswa SMA Negeri 2 Sigi pada Materi Asam-Basa”. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sigi tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase dan mengkriteriakan miskonsepsi siswa. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Penyajian data dapat berupa tabel, grafik, diagram lingkaran, dan perhitungan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan miskonsepsi siswa pada sub bab teori asam basa dengan persentase sebesar 36,95?lam kategori miskonsepsi sedang, sub bab indikator asam basa dengan persentase sebesar 86,96?lam kategori miskonsepsi tinggi, sub bab kekuatan asam (pH) dengan presentase sebesar 56,52?lam kategori sedang, sub bab tetapan ionisasi asam basa dengan persentase miskonsepsi sebesar 43,48?lam kategori miskonsepsi sedang, sub bab pH larutan dengan persentase 40,22?lam kategori miskonsepsi sedang, dan sub bab konsep pH dalam kehidupan sehari-hari dengan persentase miskonsepsi 34,78?lam kategori miskonsepsi sedang. Indikator miskonsepsi yang terjadi pada siswa dianalisis berdasarkan hasil jawaban tes diagnostik three-tier. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi yaitu sebesar 42,39 %, Kategori miskonsepsi tertinggi terdapat pada sub konsep indikator asam basa sebesar 86,96?n terendah terdapat pada sub konsep pH dalam kehidupan sehari-hari sebesar 34,78%. Presentase miskonsepsi berdasarkan item soal, tingkat miskonsepsi tertinggi terdapat pada item soal nomor 9 dengan persentase miskonsepsi sebesar 86,96%, sedangkan yang terendah terdapat pada item soal nomor 4, 5, dan 14 dengan persentase miskonsepsi sebesar 21,74%. Kata kunci: Miskonsepsi, Three-Tier, Asam-Basa. |