JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 5 PALU PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA |
Nama: ANDI VIRA MAGHFIRA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Andi Vira Maghfira. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Think Pair Share (Tps) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 5 PALU pada Materi Larutan Penyangga”. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matenatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Hj Sri Mulyani Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya pengaruh penggunaan model discovery learning berbasis think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga kelas XI MIPA SMAN 5 PALU. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasy eksperiment dan the non ekuivalen group design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen (n = 26) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol (n=33). Data hasil belajar siswa diolah dengan menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan, hasil dari pengujian uji t yaitu 3,329 lebih besar dari ttabel yaitu 1,627 sehingga dapat dikatakan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning berbasis TPS lebih tinggi dari pada kelas konrol yang menggunakan discovery learning. Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis TPS terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Palu pada materi larutan penyangga dapat dilihat dari rata-rata N-gain pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,78. Oleh karena itu, model pembelajaran discovery learning berbasis think pair share (TPS) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa rata-rata lebih besar dari 80 (nilai KKM) siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Palu pada materi larutan penyangga. Kata Kunci : Discovery learning, Think Pair Share (TPS), Larutan Penyangga, Hasil Belajar Siswa. |