JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS X1 SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: YUNARTI PATILIMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Yunarti Patilima. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas X1 SMA Negeri 5 Palu”. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Nuryanti, M.Si. Titrasi asam basa merupakan materi yang memiliki keterkaitan antar konsep dan persamaan reaksi serta perhitungan. Oleh karena itu, kurangnya penguasaan materi yang berkaitan akan mempengaruhi rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Palu yang terdiri dari kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 (n = 35) dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen 2 (n = 33). Keefektifan penerapan pembelajaran discovery learning dapat dilihat dari rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen. Untuk kelas eksperimen 1 rata-rata nilai N-gain sebesar 0,67 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 0,63 termasuk juga dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen 1 sebesar 76,42 dan kelas eksperimen 2 sebesar 75,3. Nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan yaitu 65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi titrasi asam basa di SMA Negeri 5 Palu. Kata kunci: Discovery Learning, Titrasi Asam Basa, Hasil Belajar |