Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWASMA NEGERI 1 BANAWA TENGAH
Nama: ROSIDA
Tahun: 2019
Abstrak
Rosida, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Skripsi., Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Banawa Tengah pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Pengujian data hasil penelitian menggunakan uji-t 2 pihak dengan uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,5 dan kelas kontrol adalah 66,97. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t independent sample test diperoleh nilai sig (p) = 0,010 dengan kriteria pengujian ? = 5% (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, larutan penyangga.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up