Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA NEGERI 7 TAWAELI
Nama: DARNI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan adanya pebandingan hasil belajar siswa kelas XI IPA menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 7 Tawaeli. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen atau ekperimen semu dengan desain penelitian posttest only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Tawaeli yang terdaftar pada Tahun ajaran 2021-2022 sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel dalam penilitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 25 siswa dan XI IPA 3 berjumlah 25 siswa. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis Uji mann whitney program SPSS 25.0 dimana eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning diperoleh peringkat rata-rata sebesar 32,64 sedangkan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah sebesar 18,36. Berdasarkan hasil uji tersebut, disimpulkan bahwa antara model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terdapat perbandingan hasil belajar yaitu model pembelajaran problem based learning lebih unggul dari model pembelajaran discovery learning. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yaitu H1 : µ 1 ? µ 2: terdapat perbandingan hasil belajar kimia antara kelas yang menggunakan model discovery learning dengan kelas yang menggunakan model problem based learning pada kelas XI SMA Negeri 7 Tawaeli. Kata Kunci: model Problem Based Learning, Discovery Learning, hasil belajar siswa, larutan penyangga

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up