JudulPENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI LAJU REAKSI SISWA KELAS XI DI MAN 1 PALU |
Nama: Putri Fatimiah |
Tahun: 2019 |
Abstrak Putri Fatimiah, 2019. Pengaruh Model Inquiry Based Learning (IBL) Berbantuan Media Realia Terhadap Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi Siswa Kelas XI di MAN 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh model inquiry based learning (IBL) berbantuan media realia terhadap pemahaman konsep materi laju reaksi siswa kelas XI di MAN 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non randomized pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen (n = 24) dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol (n = 24). Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak kanan dengan uji prasyarat: uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata ( ) kelas ekperimen adalah 84,29 dengan standar deviasi 65,17dan ( ) kelas kontrol adalah 79,91 dengan standar deviasi adalah 65,04. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis dengan statistik uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,88 > 1,71 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan derajat kebebasan 46, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model inquiry based learning (IBL) berbantuan media realia pada materi laju reaksi memberikan pengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI di MAN 1 Palu Kata Kunci : Inkuiri Based Learning, Media Realia, Pemahaman Konsep, Laju Reaksi. |