JudulDESKRIPSI HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI MAN 2 KOTA PALU |
Nama: ANNISAA KUSUMANINGRUM |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Annisaa Kusumaningrum, 2019. Deskripsi Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di MAN 2 Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Sri Mulyani Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa MAN 2 Kota Palu ditinjau dari kecenderungan gaya belajarnya pada mata pelajaran kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling dengan sampel berjumlah 93 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket gaya belajar dan tes hasil belajar serta nilai ulangan harian materi Larutan Asam dan Basa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIA di MAN 2 Kota Palu memiliki kecenderungan karakteristik gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual sebanyak 49 siswa (53%), 31 siswa (34%) memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial, dan 13 siswa (13%) memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Siswa dengan tipe gaya belajar visual memiliki hasil belajar yang lebih baik yaitu sebesar 31% dibandingkan dengan siswa dengan tipe gaya belajar auditorial sebesar 26?n kinestetik sebesar 15%. Kata kunci: Hasil belajar, Gaya belajar, Visual, Auditorial, Kinestetik |