JudulPENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERFIKIR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X DI SMA N 1 TINOMBO SELATAN |
Nama: Nur IstiQomah |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nur Istiqomah. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Berfikir Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X Di SMA N 1 Tinombo Selatan” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, palu. Pembimbing Sri Muliyani sabang. Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi, atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas berfikir siswa menggunakan metode demostrasi pada materi lerutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu X IPA1 kelas eksperimen dan X IPA2 kelas control. Keefektifan kreatifitas berfikir siswa dengan penerapan metode demostrasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dapat dilihat dari ratarata n-gain pada kelas eksperimen dan kelas control berturut-turut yaitu 0,65 dan 0,61 kategori sedang. Hasil belajar memperoleh nilai rata- yang lebih besar dari 65 (KKM) yaitu 82,27 untuk kelas eksperimen dan 77,93 untuk kelas control. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode demonstrasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dapat meningkatkan kreatifitas berfikir siswa di kelas X SMAN 1 Tinombo Selatan.. Kata kunci: Metode demostrasi, Kreatifitas berfikir, elektrolit dan non elektrolit. |