Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 4 PAL
Nama: Rian Hidayat
Tahun: 2019
Abstrak
Rian Hidayat, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) terhadap Hasil Belajar pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Irwan Said Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Market Place Activity (MPA) terhadap hasil belajar pada materi sistem koloid di kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelompok eksperimen (n = 27) dan kelas XI MIA 4 sebagai kelompok kontrol (n = 32). Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan nilai rata-rata, N-gain dan uji T satu pihak kanan. Hasil analisis data memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,7 dan kelas kontrol adalah 63. Analisis dengan menggunakan N-gain memperoleh indeks gain kriteria tinggi sebesar 0,52 dan indeks kriteria sedang sebesar 0,48 pada kelas eksperimen, sedangkan indeks gain kriteria tinggi sebesar 0,12 dan indeks gain kriteria sedang sebesar 0,81 diperoleh dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t satu pihak kanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,14 > 1,67 dengan taraf signifikasi ? = 0,05 dan derajat kebebasan 57. Berarti ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran market place activity (MPA) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid kelas XI di SMA Negeri 4 Palu. Kata Kunci : market place activiti (MPA), hasil belajar, koloid.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up