Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI HUKUM DASAR KIMIA PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 PALU
Nama: IRMA RAGENTU
Tahun: 2019
Abstrak
Irma Ragentu, 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Materi Hukum Dasar Kimia pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Pembimbig H. Suherman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kemampuan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu dalam memahami materi Hukum Dasar Kimia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 7 yang berjumlah 29 siswa dan XI MIA 8 yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini ditentukan berdasarkan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yang mana pengambilan sampel sumber data berdasarkan pertimbangan saran dari guru kimia bahwa kedua kelas adalah homogen. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes pemahaman siswa terhadap materi hukum dasar kimia yang terdiri atas 6 nomor soal esai dan didukung oleh hasil wawancara. Responden yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa berdasarkan pengkategorian nilai tinggi, sedang, dan rendah, yang diperoleh dari hasil perhitungan nilai rata-rata siswa dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman materi hukum dasar kimia pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu yang termasuk dalam kategori tinggi yaitu kemampuan menafsirkan dengan persentase 79,58%, yang termasuk dalam kategori cukup yaitu kemampuan mengklasifikasikan dengan persentase 56,25%, sedangkan yang termasuk dalam kategori rendah yaitu kemampuan mencontohkan, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan, dengan persentase berturut-turut adalah 30%, 24,58%, 32,08%, dan 40,42%. Secara keseluruhan, siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu hanya memiliki kemampuan dalam menafsirkan pemahaman materi yang dimilikinya. Hal ini ditunjukkan oleh nilai persentase yang tinggi diperoleh siswa untuk kategori menafsirkan. Kata kunci : Analisis, Pemahaman Siswa, Hukum Dasar Kimia.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up