JudulEfektivitas Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Stoikiometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Di MAN 2 Parigi |
Nama: EMI SULMEINI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Emi Sulmeini, 2019. Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Stoikiometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Parigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Daud Karel Walanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan google classroom dalam pembelajaran kimia ditinjau dari motivasi belajar siswa di MAN 2 Parigi. Sampel pada penelitian ini yaitu X MIA 2 (n = 23 siswa). Google classroom diterapkan dalam topik stoikiometri. Teknik analisis data menggunakan uji effect size d Cohen memperoleh nilai (d = 0.86; M = 71,52; SD = 11,42) yang memiliki kategori efek sangat besar. Motivasi siswa diukur dengan ARCS, pengaruh ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang meningkat dengan rata-rata skor 3,70 yang memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa google classroom dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di kelas X MIA 2 MAN 2 Parigi. Kata Kunci : Efektivitas, Google Classroom, Motivasi belajar |