Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 2 TOLITOLI
Nama: NURUL BADRIYAH
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nurul Badriyah. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas X SMA Negeri 2 Tolitoli”. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas X SMA Negeri 2 Tolitoli. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan design penelitian matching pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen (n=36) dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol (n=36). Data hasil belajar siswa diproses menggunakan uji satu pihak. Efektivitas penerapan model pembelajaraninkuiridapatdilihatdarinilai rata-rata N-gain, di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, kelas eksperimen memiliki kategori sedang 21 siswa dan 15 siswa kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol memiliki kategori sedang 33 siswa dan kategori tinggi 3 siswa. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tolitoli. Kata Kunci: Inkuiri, Larutan Elektroli dan Non Elektrolit, Hasil Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up