Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN AKTIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 7 PALU
Nama: Nindya Pratamy
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan aktivitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 3 guru kimia dan 89 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas X IPA 5, 25 siswa kelas XI IPA 3, dan 33 siswa kelas XII IPA 1, yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mengajar guru, sedangkan metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Teknik analisis data digunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara aktivitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 7 Palu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh, dimana aktivitas mengajar guru kimia kelas X diperoleh skor 130 yang tergolong kategori rendah, sesuai dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X IPA 5 yang diperoleh yaitu 80,94 yang juga tergolong kategori rendah. Pada aktivitas mengajar guru kimia kelas XI diperoleh skor 131 yang tergolong kategori sedang, sesuai dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 yang diperoleh yaitu 83,32 yang juga tergolong kategori sedang. Begitu juga pada aktivitas mengajar guru kimia kelas XII diperoleh skor 133 yang tergolong kategori tinggi, sesuai dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 yang diperoleh yaitu 86,03 yang juga tergolong kategori tinggi. Kata kunci: aktivitas mengajar guru, hasil belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up