JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PALU PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA |
Nama: Zainab |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 PALU. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 210 orang dan terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara purposive sampling bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki hasil belajar yang sama. Setelah diberikan pretest maka nilai rata-rata yang lebih rendah akan dijadikan kelas eksperimen, sedangkan nilai rata-rata yang lebih tinggi akan dijadikan kelas kontrol. Sehingga yang dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu MIA 1 (n=30) dan sebagai kelas kontrol kelas XI MIA 6 (n=28) . Hasil analisa data deskriptif yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai adalah 54,16 dengan standar deviasi = 15,02, sementara pada kelas kontrol nilai adalah 46,17 dengan standar deviasi= 13,52. Hasil analisa data inferensial diperoleh nilai thitung>ttabel,2,12>1,67 dengan taraf signifikansi (?=0,05) dan derajat kebebasan= 56. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Palu yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas XI IPA SMAN 2 Palu yang diajarkan dengan model pembelajaran direct interaction pada materi larutan asam basa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Larutan, Asam, Basa, Hasil Belajar |