Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinombo Pada Materi Koloid
Nama: NURUL AINUN
Tahun: 2019
Abstrak
Nurul Ainun. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinombo pada Materi Koloid. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian tentang penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tinombo pada materi koloid, yang dilaksanakan pada bulan April 2019. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinombo pada penerapan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah pada materi koloid. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan non randomized pretest-posttest control group design. Teknik analisis data menggunakan metode statistik non parametrik analisis Mann-Whitney U-Test. Sampel penelitian adalah kelas X1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X2 sebagai kelompok kontrol, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan output “Rank” untuk nilai mean kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 33,56 > 21,44. Output “Tes Statistic”, Sig, 2-tailed (0,04) < 0,05 dan Zhitung (-2,860) < Ztabel (-2,51), serta untuk ketuntasan klasikal masing-masing kelas yaitu kelas eksperimen 85?n 67% kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning pada materi koloid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinombo. Kata Kunci : Discovery Learning, pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up