Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Model Palu
Nama: INDAH LESTARI M
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Indah Lestari M, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Model Palu. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Ratman. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan adanya pengaruh hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di SMA Negeri 5 Model Palu. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu pourposive sampling yaitu salah satu teknik non random sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri – ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen sebanyak 26 orang dan siswa kelas kontrol sebanyak 26 orang. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, dan homogenitas. Hasil analisa data yang diperoleh pada kelas eksperimen nilai X?1 adalah 75,23 dengan standar deviasi = 11.58 sedangkan pada kelas kontrol nilai X?2 adalah 68,88 dengan standar deviasi = 11.07 Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh thitung ? ttabel yaitu 2.08 ? 1.67 dengan taraf signifikan (? = 0,05) dan derajat kebebasan = 50. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga. Kata Kunci: Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Larutan Penyangga.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up