JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: Atik Idhayati |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Atik Idhayati, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA Negeri 9 Palu. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Mery Napitupulu. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI di SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 9 Palu yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1, MIA 2, dan XI MIA 3 dengan jumlah siswa 63 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 2 sebanyak 22 orang sebagai kelas replikasi 1dan siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 20 orang sebagai kelas replikasi 2. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh dari tiga aspek yaitu aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif. Pada kelas replikasi 1 nilai hasil belajar siswa sebesar 80,15, sedangkan kelas replikasi 2 sebesar 77,83. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji effect size. Hasil data dengan effect size diperoleh E>0,8 yang berarti terdapat peningkatan besar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kata Kunci : Think Pair Share, Hidrolisis Garam, Hasil Belajar |