Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BAMBALAMOTU
Nama: HERLINA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK HERLINA, 2019. “Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bambalamotu’’.Program Studi Pendidikan kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Purnama Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bambalamotu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Bambalamotu. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen adalah 82,33dan kelas kontrol adalah 78,83. Analisis pada pertemuan pertama sampai ketiga terhadap guru dan siswa di kelas ekperimen menunjukkan dalam kategori baik dengan persentase berturut-turut 86,02?n 78,84%, 86,02?n 81,7?n 86,02?n 87,5%. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik Non parametrik uji Mann Whitney memperoleh Zhitung >Z tabel (Zhitung = 5,4 dan Z tabel=1,96) dengan taraf signifikansi ?=0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Bambalamotu. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, make a match, hasil belajar, larutan elektrolit dan nonelektrolit .

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up