JudulPENERAPAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: AWANDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Awanda, 2018. “Penerapan mind mapping pada pembelajaran ikatan kimia berbantuan teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sindue.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Tahril, Pembimbing (II) Minarni Rama Jura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan mind mapping pada pembelajaran ikatan kimia berbantuan teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sindue. Jenis penelitian ini yaitu Quasi experiment dengan Non Randomized Pretest Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan khusus (Proposive Sampling) dengan sampel penelitian siswa kelas X MIA 1 berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini berupa tes hasil belajar. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pada kelas eksperimen = 77,12 dan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata = 67,6. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t dua pihak diperoleh nilai thitung = 10,89 dan ttabel = 1,95 pada ? = 0,05. Dalam hal ini H1 diterima dan H0 ditolak, karena thit berada didaerah penolakan H0. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran mind mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue. Kata kunci : Mind Mapping, Teknologi Informasi, Hasil Belajar, Ikatan Kimia. |