Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 PALU PADA MATERI KONSEP MOL
Nama: MUTIAH
Tahun: 2024
Abstrak
MUTIAH, 2021. “Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMANegeri 9 Palu pada materi Konsep Mol’’. Program Studi Pendidikan kimia, Jurusan Pendidikan Matematikadan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing : Purnama Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 9 Palu. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 26 orangsebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelaseksperimen. Hasil analisis data memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimenadalah 79,80 dan kelas kontrol adalah 70,03. Analisis pada pertemuan pertama sampai keduaterhadap guru dan siswa di kelas ekperimen menunjukkan dalam kategori baik denganpersentase berturut-turut 3,42, 3,53, dan 84,6,%, 89,4%.Hasil pengujian hipotesis dengan Statistik Uji-t satu pihak memperoleh -ttabel< thitung> + ttabel yaitu -1,67 < 3> +1,67 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 sehingga H1diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipeNHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Palu Pada materi Konsep Mol. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together, hasil belajar, Konsep Mol.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up