JudulAnalisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MAN 1 Kota Palu Pada Materi Perkembangan Teori Atom |
Nama: HASRIATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Hasriati, 2021. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MAN 1 Kota Palu pada Materi Perkembangan Teori Atom. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Ratman. Kata Kunci : Paham Konsep, CRI, Teori Atom Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang datanya berupa fakta-fakta yang ada mengenai pemahaman konsep pada materi perkembangan teori atom dengan menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa pada konsep perkembangan teori atom. Sampel yang diambil berjumlah 10 siswa MAN 1 kelas X mipa 3. Instrumen yang digunakan adalah soal-soal pilihan ganda sebanyak 17 soal yang telah terseleksi melalui uji validasi. Siswa yang menjawab soal tersebut dengan penambahan angka CRI (0-5) sesuai dengan tingkat kepercayaan siswa disertai alasan. Siswa dapat dinyatakan memahami konsep, tidak tahu konsep, atau mengalami miskonsepsi dengan cara membandingkan benar tidaknya jawaban pertanyaan yang diberikan dengan nilai CRI yang diisi siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini untuk pemahaman konsep siswa tentang perkembangan teori atom adalah 61,76%, miskonsepsi 24,71%, dan yang tidak paham konsep 14,12%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa menggunakan CRI tergolong tinggi bila dibandingkan dengan jumlah rata-rata siswa yang miskonsepsi dan tidak paham konsep. |