Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 PARIGI UTARA
Nama: Nurhijrah
Tahun: 2019
Abstrak
Nurhijrah, 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Utara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Paulus Hengky Abram, Pembimbing (II) Siti Aminah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMA Negeri 1 Parigi Utara. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group desain. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan khusus (purposive sampling). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas ekperimen (n = 22) dan siswa X MIA 2 sebagai kelas kontrol (n = 23). Hasil analisis data, pada kelas eksperimen diperoleh nilai ¯x_1 adalah 72,18 dengan standar deviasi 13,12 sedangkan pada kelas kontrol nilai ¯x_2 adalah 66,21 dengan standar deviasi 10,04. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t satu pihak (pihak kanan) diperoleh nilai thitung = 6,03 dan ttabel = 1,68 dengan taraf signifikan (?)=0,05 dan dk = 43. Dalam hal ini H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind maping lebih tinggi dari pada model pembelajaran langsung pada materi ikatan kimia. Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Mind Mapping , Hasil Belajar, Ikatan Kimia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up