JudulDESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL PEMECAHAN MASALAH TERKAIT TERMOKIMIA BERDASARKAN PENGEMBANGAN TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: FAJAR HIDAYAT |
Tahun: 2019 |
Abstrak Fajar Hidayat, 2019. Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Penyelesaian Soal Pemecahan Masalah Terkait Termokimia Berdasarkan Pengambangan Teori Newman Pada Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Irwan Said Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan siswa pada penyelesaian soal pemecahan masalah materi termokimia menggunakan pengembangan teori Newman pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Adapun tipe kesalahan Newman meliputi (1)kesalahan membaca, (2)kesalahan memahami, (3)kesalahan transformasi, (4)kesalahan proses, (5)kesalahan penulisan jawaban, dan (6)kesalahan kecerobohan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 3 siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu, cara pengambilan subjek dalam penilitian ini adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini dikategorikan 3 jenis subjek yaitu siswa berkemampuan kimia tinggi (ST), sedang (SS) dan rendah (SR). Kemudian dilakukan wawancara tidak terstruktur dengan berpedoman pada hasil tes subjek. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ST, SS, dan SR mengalami kesalahan (2),(3),(4),(5), dan (6) pada soal nomor 2. ST mengalami kesalahan (4),(5) dan (6) pada soal nomor 3. SS mengalami kesalahan(4),(5) dan (6) pada soal nomor 1. SS mengalami kesalahan (3),(4),(5), dan (6) pada soal nomor 3. SR mengalami kesalahan (4), (5), dan (6) pada soal nomor 1, SR mengalami kesalahan (2),(3),(4),(5), dan (6) pada soal nomor 3. Kata Kunci: Deskripsi, Pemecahan Masalah, Termokimia, Newman |