Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajar Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 1 Paleleh Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit
Nama: YEYET SRI RAHMI
Tahun: 2024
Abstrak
Yeyet Sri Rahmi, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMAN 1 Paleleh pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Hasil Penelitian. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Prof. Daud K. Walanda, M.Sc., Ph.D Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Paleleh pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu non randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Paleleh. Teknik pengambilan sampel adalah sample random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas X IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,19 dan kelas kontrol adalah 64,81. Pengujian data hasil penelitian pertama yaitu uji menggunakan effect size by cohen’s d diperoleh bahwa pada kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom mempengaruhi hasil belajar siswa lebih besar dari 97,7% atau berefek sangat besar sedangkan pada kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensioanal mempengaruhi hasil belajar siswa sebanyak 94,5% atau berefek besar. Kedua mengunakan analisis statistik uji-t dua pihak dengan uji prasyarat, uji normalitas, dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis diperoleh – ttabel < thitung> + ttabel, yaitu –2,007 < 2> +2,007 dengan taraf signifikan (? = 0,05) dan derajat kebebasan = 51. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dengan model pembelajaran konvensional pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata Kunci: Flipped Classroom, Hasil Belajar Siswa, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up