Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 PALU
Nama: Azizah Putri Ramadhani
Tahun: 2019
Abstrak
Azizah Putri Ramadhani, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sri Mulyani Sabang (II) Purnama Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur pada materi Laju Reaksi di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah pre experimental (pra eksperimen) dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas XI SMA Negeri 3 Palu. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 30 dan siswa kelas XI MIA 8 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 30. Hasil analisis data memperoleh nilai rata-rata peningkatan pada kelas ekperimen 1 adalah 38,21 dan pada kelas eksperimen 2 adalah 46,43. Hasil analisis aktivitas guru dan siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase untuk kelas eksperimen 1 berturut-turut yaitu 95,4?n 85,7%, dan untuk kelas eksperimen 2 berturut-turut 95,4?n 86,7%. Perhitungan uji N-Gain pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 menunjukkan rata-rata dalam kategori sedang yaitu berturut-turut 0,63 dan 0,67. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik non parametrik uji Mann Whitney memperoleh Zhitung < Zttabel (Zhitung = -0,26 dan Ztabel = 1,96) dengan taraf signifikansi ? = 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, yaitu nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 sama dengan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 2. Data-data yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Kata Kunci: Inkuri terstruktur, keterampilan berpikir kritis, laju reaksi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up