JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMAN 4 PALU |
Nama: Gustika Sari |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Gustita Sari, 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMAN 4 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Suherman (II) Supriadi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMAN 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan dua kelompok yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol (n = 30) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen (n = 30). Pengujian data pemahaman konsep siswa menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak (pihak kanan). Hasil analisis dari pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,29> 1,67) dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan derajat kebebasan 58, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berpengaruh terhadap pemahaman konsep Siswa pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMAN 4 Palu. Kata Kunci: Conceptual Understanding Procedures, Pemahaman Konsep, Sistem Koloid |