Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PEER INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 WITA PONDA
Nama: Irmawati M
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Irmawati M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Peer Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Wita Ponda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sri Mulyani Sabang (II) Paulus Hengky Abram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode peer instruction terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMAN 1 Wita Ponda. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan posttest only control groups design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen (n=28) dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol (n=28). Data analisis hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,36 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 52,32. Hasil penilaian proses keterlaksanaan pembelajaran diperoleh aktivitas siswa pada kelas eksperimen berada dalam kategori sangat aktif sedangkan pada kelas kontrol berada dalam kategori aktif. Hasil penilaian aktivitas guru di kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dalam kategori sangat baik. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney, diperoleh nilai Zhitung > Ztabel yaitu 4,38 > 1,96. Berada pada penerimaan H1, dimana rata-rata skor hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode peer instruction berpengaruh lebih baik daripada model pembelajran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMAN 1 Wita Ponda. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, peer instruction, hasil belajar, laju reaksi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up