Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 3 PALU
Nama: Asmiati
Tahun: 2019
Abstrak
Asmiati, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Termokimia di SMA Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sri Mulyani Sabang (II) Supriadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi Termokimia di SMA Negeri 3 Palu melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah pre experimental dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu sebanyak 274 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 32, siswa kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 30 dan siswa kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen 3 dengan jumlah siswa 32. Konsistensi peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen 1, 2 dan 3 digunakan uji Kruskal Wallis dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS 17 yang menghasilkan Asymp. Sig 0,993. Sesuai data yang dihasilkan maka H0 diterima atau Ha ditolak, artinya tidak ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1, 2 dan 3. Jadi dapat disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Termokimia kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Kata Kunci: Means Ends Analysis, Hasil Belajar, Termokimia. ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up