Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 7 PALU
Nama: Hikmah Hasan Basri
Tahun: 2019
Abstrak
Hikmah Hasan Basri, 2019. “Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 7 Palu’’. Skripsi. Program Studi Pendidikan kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Hj. Sri Mulyani Sabang (II) Minarni Rama Jura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia yang diajarkan dengan menggunakan model Brain Based Learning (BBL) pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas ekeperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney (Uji-U). Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen nilai x ?_1 adalah 89,16 dengan standar deviasi = 10,96 sedangkan pada siswa kelas kontrol nilai x ?_2 adalah 56,47 dengan standar deviasi = 11,50. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Zhitung = 5,68 berada pada daerah penerimaan H1 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, artinya rata-rata skor hasil belajar siswa kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa model Brain Based Learning (BBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA Negeri 7 Palu. Kata Kunci: Model Brain Based Learning, Hasil Belajar, Laju Reaksi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up