Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Teradap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI Di SMA N 6 Palu
Nama: WIWIYANTINI
Tahun: 2022
Abstrak
Wiwiyantini. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA Negeri 6 Palu”. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing (I) Drs. Paulus Hengky Abram, Ph.D, Pembimbing (II) Dra. Minarni Rama Ruja, M.si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre-experimental dengan one-group pretest posttest design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (n=20) dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen 2 (n=19). Data hasil belajar siswa diolah dengan menggunakan pengujian keefektifan pembelajaran (N-gain). Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi dapat dilihat dari rata-rata nilai N-gain pada kedua kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,66 dan 0,66. Hasil data dari uji N-Gain di peroleh g = nilai 0,30 ? () < 0,70 masuk dalam kategori sedang, yang menunjukkan adanya perubahan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Laju Reaksi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up