JudulREDUKSI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PALU PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MELALUI REMEDIAL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE |
Nama: ANNA KURNIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Anna Kurnia, 2020. Reduksi Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Larutan Penyangga Melalui Remedial Menggunakan Strategi Pembelajaran Conceptual Change. Skripsi. Program Studi Pemdidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Palu. Pembimbing: Tri Santoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil reduksi miskonsepsi siswa SMA Negeri 5 Palu pada materi larutan penyangga dengan menggunakan strategi pembelajaran conceptual change. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre eksperimental dengan desain penelitian yaitu One group pretest posttes design. Penelitian ini terdapat satu kelompok eksperimen yaitu siswa yang hasil belajarnya tidak mencapai KKM, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal kelompok eksperimen, selanjutnya diberi perlakuan dan diberikan posttest. Pengujian data miskonsepsi siswa menggunakan CRI. Hasil penelitian memperoleh bahwa Rata-rata Persentase Siswa Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), dan Miskonsepsi (MK) Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change secara berturut-turut 38,1%, 45,2%, dan 16,6%, dan Persentase Siswa Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), dan Miskonsepsi (MK) Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change secara berturut-turut 87,4%, 12,6%, dan 0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persentase rata-rata reduksi miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 5 Palu pada materi larutan penyangga melalui remedial menggunakan strategi pembelajaran conceptual change yaitu 16,6%. |