Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Di Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu
Nama: Ulfiana
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen dengan desain Altenative Treatment Post-Test-Only with nonequivalent Groups Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel terdiri dari kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, RPP, dan lembar observasi yang telah divalidasi secara teori dan empirik. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis uji-t dua (dua pihak) dengan uji prasyarat: uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis Uji-t (dua pihak). Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian, diperoleh nilai hasil belajar siswa  pada posttest nilai rata-rata kelas eksperimen I yaitu 65,7 dan untuk kelas eksperimen II yaitu 59,9 sedangkan untuk standar deviasinya masing-masing 10,4 dan 9,7. Hasil pengujian statistik dari pengujian hipotesis didapatkan harga thitung > ttabel  atau 2,60 > 1,70 sehingga H1 diterima. Artinya model pembelajaran problem based learning berbantuan  media KIT IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 6 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up