JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Di Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu |
Nama: Ulfiana |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen dengan desain Altenative Treatment Post-Test-Only with nonequivalent Groups Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel terdiri dari kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, RPP, dan lembar observasi yang telah divalidasi secara teori dan empirik. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis uji-t dua (dua pihak) dengan uji prasyarat: uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis Uji-t (dua pihak). Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian, diperoleh nilai hasil belajar siswa pada posttest nilai rata-rata kelas eksperimen I yaitu 65,7 dan untuk kelas eksperimen II yaitu 59,9 sedangkan untuk standar deviasinya masing-masing 10,4 dan 9,7. Hasil pengujian statistik dari pengujian hipotesis didapatkan harga thitung > ttabel atau 2,60 > 1,70 sehingga H1 diterima. Artinya model pembelajaran problem based learning berbantuan media KIT IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 6 Palu. |