JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI MAN 1 KOTA PALU |
Nama: KASMIATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Kasmiati. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Materi Kimia Laju Reaksi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Palu. Hasil Penelitian. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Tahril (II) Vanny Maria A. Tiwow. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model problem based learning pada materi laju reaksi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelompok eksperimen (n= 18) dan kelas XI MIA 4 sebagai kelompok kontrol (n=14). Hasil penelitian dan analisa data memperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari instrumen angket di kelompok eksperimen yaitu 81,52%, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 72,46%. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari instrumen tes uraian di kelompok eksperimen yaitu 77,31%, lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 55,97%. Pengujian data kemampuan berpikir krtitis siswa menggunakan analisis statistik parametrik yaitu uji-t (Uji-t pihak kanan) memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,83 > 2,04 yang berada pada daerah penerimaan H1 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelompok eksperimen lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi laju reaksi di MAN 1 Kota Palu. Kata Kunci: problem based learning, kemampuan berpikir kritis dan laju reaksi. |