JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA |
Nama: Milawati. Irwan |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Milawati Irwan 2019. “Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ijirana, (II) Purnama Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu pada materi termokimia setelah penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 7 sebagai kelas replikasi 1 dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas replikasi 2. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar. Data hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelas dianalisis dengan uji N-gain yang digunakan untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa dari kelas replikasi 1 dan kelas replikasi 2 berturut-turut: 61,32 dan 63,46. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Materi Termokimia, dan Hasil Belajar ? |