JudulPENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA DI KABUPATEN SIGI PADA MATERI ASAM BASA |
Nama: RISTY HANDAYANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Risty Handayani, 2020. Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA di Kabupaten Sigi pada Materi Asam Basa . Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Afadil Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pemanfaatan laboratorium kimia terhadap hasil belajar siswa pada materi Asam Basa SMA Negeri di Kabupaten Sigi. Pemanfaatan laboratorium dapat di tinjau dari frekuensi kunjungan ke laboratorium, kondisi laboratorium, aktifitas siswa di laboratorium, dan penggunaan fasilitas laboratorium. Sedangkan hasil belajar siswa dapat di lihat dari nilai ulangan harian siswa pada materi Asam Basa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sigi, SMA Negeri 3 Sigi, SMA Negeri 4 Sigi, dan SMA Negeri 7 Sigi dengan jumlah 340 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa diperoleh dengan cara sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium kimia berada pada kategori sedang dengan rata-rata 66,84%, sedangkan hasil belajar memiliki nilai rata-rata 72,89. Jumlah siswa yang tuntas pada materi Asam Basa sebanyak 47,31 %, dengan koefisien determinasi 0,36. Artinya, pengaruh pemanfaatan laboratorium kimia terhadap hasil belajar berada pada kategori rendah. Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium, Hasil Belajar |