JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 BANAWA TENGAH |
Nama: LAILA SARI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Laila Sari, 2019. Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Irwan Said, (II)Afadil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa semester 1 SMA Negeri 1 Banawa Tengah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Ikatan Kimia. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental dengan desain The Static Group Pratest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelas perlakuan yaitu kelas XD sebagai perlakuan 1 (n = 34) dan kelas XA sebagai perlakuan 2 (n = 34). Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak dengan uji prasyarat, uji normalitas, dan homogenitas. Hasil analisa data yang diperoleh, hasil belajar pada siswa kelas perlakuan 1 nilai X?1 adalah 79,65 dengan standar deviasi = 6,87 sedangkan pada siswa kelas perlakuan 2 nilai X?2 adalah 76,12 dengan standar deviasi = 7,43. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh – ttabel ? thitung ? + ttabel yaitu -1,67 < 2> +1,67 dengan taraf signifikan (? = 0,05) dan derajat kebebasan = 54. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Ikatan Kimia. Kata Kunci: snowball throwing, jigsaw, hasil belajar siswa, ikatan kimia. |