Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDESAIN DAN VALIDASI SPARKOL VIDEOSCRIBE MATERI KOLOID SEBAGAI MEDIA EDUKASI KIMIA
Nama: RENYSEPTIANI
Tahun: 2019
Abstrak
Reny Septiani, 2018. Desain dan Validasi Sparkol Videoscribe Materi Koloid Sebagai Media Edukasi Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Supriadi (2) Ijirana. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang betujuan untuk memperoleh desain sparkol videoscribe materi Koloid dan validitas sebagai media edukasi kimia ditinjau dari para ahli sebagai pakar teori. Objek penelitian ini adalah sparkol videoscribe. Pengumpulan data terbagi menjadi dua, yaitu data desain media dan validitas media yang didesain dengan menggunakan lembar penilaian dari 5 orang ahli, yaitu 3 ahli media pembelajaran dan 2 ahli materi kimia. Data dianalisis secara deskriptif untuk menentukan justifikasi dari validitas objek penelitian. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa sparkol videoscribe materi Koloid yang didesain memiliki karakteristik yaitu gambar, animasi tangan yang bergerak, musik, penjelasan materi berupa suara dan susunan kalimat yang disatukan dalam animasi papan tulis berwarna putih. Desain dinyatakan valid dengan kategori sangat baik menurut para ahli dan dapat digunakan sebagai media edukasi kimia dengan skor 3,7 berdasarkan skor total dari ahli media pembelajaran dan 3,45 berdasarkan skor total dari ahli materi kimia. Kata Kunci : Sparkol Videoscribe, Media Edukasi Kimia, Media Pembelajaran, Koloid, Research and Development

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up