Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I SINDUE TOBATA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA
Nama: FAJRUL AMIN
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Fajrul Amin. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif course review horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Kasmudin Mustapa (II) Purnama Ningsih. Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sindue Tobata telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model kooperatif course review horay terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non randomized pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 (n=26) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 (n=26) sebagai kelas kontrol. Pengolahan data hasil belajar siswa menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif yang diperoleh, hasil belajar pada saat tes awal di kelas eksperimen nilai X?1 adalah 22,11 dengan standar deviasi = 9,35 dan di kelas kontrol diperoleh nilai X?2adalah 25,50 dengan standar deviasi = 8,41. Sedangkan nilai siswa pada saat tes akhir di kelas eksperimen diperoleh nilai X?1 adalah 80,50 dengan standar deviasi = 8,28 dan kelas kontrol diperoleh nilai adalah 76,03 dengan standar deviasi = 10,07. Pengaruh penerapan model kooperatif course review horay terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat pada analisis statistik inferensial dengan uji t dua pihak diperoleh thitung (5,38) dan ttabel (2,00), dimana thitung>ttabel maka tolak H0 dan terima H1. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Kata kunci: model pembelajaran course review horay, hasil belajar, kimia, SMA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up