JudulPenerapan Metode Kekuatan Berdua Pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tahun Ajaran 2016/2017 |
Nama: ANDI PANGERAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Andi Pangeran. 2017. Penerapan metode kekuatan berdua pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasTadulako, Palu. Pembimbing: (I) Irwan Said, (II) Sri Mulyani Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diberi penerapan metode kekuatan berdua dengan kelas yang diberi metode ceramah, pada materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non randomized pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen (n = 30) dan siswa kelas XI IPA 2sebagai kelas kontrol (n = 30). Data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis data diperoleh, skor rata –rata kelas ekperimen adalah 50,50 dengan standar deviasi 9,79 dan skor rata – rata kelas control adalah 41,03 dengans tandar deviasi adalah 11,01. Hasil pengujian hipotesis dengan statistic uji-t dua pihak diperoleh –ttabel¬ ?thitung? +ttabel (thitung = 2,35 dan ttabel = 2,00) dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan derajat kebebasan 58, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diberi penerapan metode kekuatan berdua dengan kelas yang diberi metode ceramah, pada materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue tahun ajaran 2016/2017. |