JudulSTUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT(Numbered Head Together) TERHADAP HASIL BELAJAR STOIKIOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: MUH. ASY'ARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Asy’ari, 2018. Studi Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Stoikiometri Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing (I). Irwan Said dan(II). Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa SMA Negeri 9 Palu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain faktorial 2 ? 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XA sebanyak 23 orang (eksperimen 1) dan kelas XC sebanyak 21 orang (eksperimen 2) yang ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes hasil belajar materi stoikiometri. Pengujian data hasil penelitian menggunakan SPSS 21 dengan analisis statistik uji-t dua pihak dan satu pihak (pihak kanan) dalam Independent Sample t-Test. Skor rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model tipe jigsaw (64,80) dan untuk tipe NHT (51,70). Analisis hipotesis dengan SPSS21 untuk uji 2 pihak diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,02 dan untuk uji 1 pihak diperoleh nilai thit sebesar 3,22. Data keduanya berada pada daerah penolakan H0 dimana untuk uji 2 pihak nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (P > 0,05) dan uji 1 pihak nilai thit lebih besar dari ttab (1,68). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan NHT serta tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan tipe NHT terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, jigsaw, NHT, stoikiometri |