JudulPengaruh Penerapan Model Learning Cycle Dan Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia Pada Siswa Kelas X SMANegeri 1 Tinombo Selatan. |
Nama: ZAENAL |
Tahun: 2019 |
Abstrak Mata pelajaran kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari mated dan perubahannya, sedangkan materi ikatan kimia sendiri, selama mi lebih banyak disajikan secara verbal, di sebabkan materi ikatan kimia memiliki kerumitan tersendiri bagi siswa dalam hal memahaminya, sehingga model pembelajaran yang disajikan haruslah menggunakan seperti, model learning cycle dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan menentukan adanya pengaruh penerapan model learning cycle dan kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinombo Selatan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai November. Sampel penelitian berjumlah 59 siswa, terdiri dari XB 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan XA 29 siswa sebagai kelas kontrol. Tehknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dianalisis untuk menghitung rata -rata, standar deviasi, statistik inferensial digunakan untuk hipotesis penelitian. Diperoleh nilai rata-rata siswa kelas kontrol dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw adalah 65,89 dan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan model learning cycle adalah 70. Hasil pengujian statistik uji 't' diperoleh thitun^ttabei yaitu 4,14> 2,00 Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle lebih memiliki pengaruh positif dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw. |