| JudulANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA NEGERI 1 BUNGKU UTARA |
| Nama: KALSUM |
| Tahun: 2011 |
| Abstrak Kurikulum merupakan suatu alat yang sangat penting bagi keberhasilan pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan atau sasaran pendidikan yang diinginkan oleh peserta didik. Untuk itu, peneliti akan melakukan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui secara jelas faktor-faktor yang menjadi penghambat pencapaian target kurikulum serta untuk memperoleh data bagaimana pengaruh yang ditimbulkannya. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi/sampel total karena jumlahnya kurang dari 100 orang yaitu hanya dua orang guru kimia, dan 20 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bungku Utara. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket sebagai instrument utama yang berjumlah 16 item dan wawancara sebagai instrument pelengkap . Rancangan penelitian ini memakai pendekatan rancangan Lambing Lugas. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ternyata guru-guru SMA Negeri 1 Bungku Utara tidak dapat mencapai target kurikulum karena ada beberapa beberapa masalah yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaannya. Di antara beberapa permasalahan yang dialami oleh guru itu seperti kekurangan buku sumber, yang dijadikan bahan acuan pelajaran. Di samping itu juga masalah yang dihadapi pada diri siswa seperti minat belajar siswa yang kurang, fasilitas belajar yang kurang karena faktor ekonomi yang kurang menunjang. serta masalah lingkungan sekolah yang belum diperhatikan dengan baik seperti penataan lingkungan sekolah yang belum terlaksana dengan baik sehingga menyebabkan terganggunya proses belajar-mengajar di kelas. Selain masalah di atas, pola pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru sehingga akibatnya siswa hanya menjadi pendengar dan kurang proaktif dalam proses belajar-mengajar sehingga dari penelitian ini didapatkan kesimpulan akhir yakni bahwa guru-guru yang mengajarkan mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Bungku Utara tidak dapat mencapai target kurikulum karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, faktor guru, faktor siswa, dan faktor lingkungan |