Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Makanan Tradisional Kapurung Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa
Nama: RASTI NOVA ELISA
Tahun: 2025
Abstrak
Rasti Nova Elisa, 2025. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Makanan Tradisional Kapurung Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa” Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Ielda Paramitha, S.Pd.,M.Pd Rendahnya literasi sains siswa dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh kurangnya keterkaitan antara materi dengan kehidupan sehari-hari, penggunaan bahan ajar yang tidak kontekstual, serta metode pembelajaran yang monoton. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran fisika terintegrasi kearifan lokal pada makanan tradisional Kapurung untuk meningkatkan literasi sains siswa, dan (2) menilai efektivitas modul tersebut terhadap peningkatan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan bahan ajar kontekstual untuk meningkatkan literasi sains. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi siswa sebagai sumber belajar yang lebih dekat dengan budaya mereka, bagi guru sebagai media pembelajaran alternatif, dan bagi sekolah sebagai inovasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis Kapurung layak digunakan berdasarkan uji validitas oleh ahli materi dan media dengan kategori “sangat layak”. Uji kepraktisan menunjukkan respons positif dari siswa dan guru, dan uji efektivitas menunjukkan peningkatan literasi sains siswa dengan kategori tinggi berdasarkan analisis N-Gain sebesar 0,76 dan effect size sebesar 2,14. Dengan demikian, modul ini efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa dan dapat digunakan sebagai bahan ajar kontekstual dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Kapurung, Literasi Sains, Fisika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up