JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sri Wahyuni. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berpikit Kreatif Siswa SMA. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: I Wayan Darmadi, S.Si., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kota Palu, dan sampel diambil secara sampling yang terdiri dari kelas eksperimen adalah kelas XI-I (n=34) yang mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran CPS, sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI-H (n=34) yang diajar dengan pembelajaran konvensional (model Direct Instruction). Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan skor keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai N-gain sebesar 0,81 (kategori tinggi). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa di MAN 2 Kota Palu. Kata Kunci : Creative Problem Solving (CPS), Keterampiln Berpikir Kreatif |