JudulPENGEMBANGAN E-MODUL AJAR FISIKA BERMUATAN CHATGPT PADA MATERI GERAK LURUS |
Nama: MOH FAJRIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul ajar, kelayakan dan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul ajar bermuatan ChatGPT sebagai bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Produk yang dihasilkan berupa e-modul ajar interaktif yang mengintegrasikan ChatGPT dalam pembelajaran pada materi gerak lurus. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,85 (kategori "sangat baik"), validasi ahli media dengan skor rata-rata 3,50 (kategori "sangat baik") dan validasi praktisi (guru) menunjukkan skor rata-rata 3,29 (kategori “sangat baik”). Implementasi terbatas dilakukan kepada 29 peserta didik XI MIPA dengan hasil rata-rata 3,31 (kategori "sangat setuju"). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa e-modul ajar bermuatan ChatGPT layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual, efektif, dan interaktif dalam menghubungkan konsep fisika dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik. Kata Kunci: E-modul ajar, Fisika, ChatGPT, Gerak Lurus |