JudulANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA TENTANG KONSEP ELEKTROSTATIKA BERDASARKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC) TEST |
Nama: FALWA ANANDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ananda, Falwa. 2025. “Analisis Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Fisika Tentang Konsep Elektrostatika Berdasarkan Four Tier Multiple Choice (4TMC) Test”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nurjannah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa calon guru fisika tentang konsep elektrostatika berdasarkan Four Tier Multiple Choice (4TMC) Test. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika angkatan 2023 kelas A yang berjumlah 28 orang, dengan 10 orang diantaranya terpilih sebagai responden. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes diagnostik Four Tier Multiple Choice (4TMC) Test sebanyak 20 nomor dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa calon guru fisika tentang konsep elektrostatika mendapatkan kategori sedang sebanyak 60,71%, kategori tinggi 35,71?n kategori rendah 3,57%. Dengan demikian, secara keseluruhan, pemahaman mahasiswa calon guru fisika tentang konsep elektrostatika tergolong dalam kategori sedang. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Four Tier Multiple Choice (4TMC) Test, Elektrostatika |