JudulIdentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Lab School Untad Palu Pada Materi Pokok Kalor Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test |
Nama: PUTRI HARDIANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hardianti, Putri. 2025. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Lab School Untad Palu Pada Materi Pokok Kalor Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Syamsuriwal, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat miskonsepsi siswa kelas XI SMA Lab School Untad Palu pada materi kalor berdasarkan Four-Tier Diagnostic Test. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Lab School Untad Palu tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel siswa kelas MIA 3 yang dipilih secara purposive sampling dengan jumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes diagnostik Four-Tier Diagnostic Test sebanyak 14 nomor dan Pedoman Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi siswa kelas XI SMA Lab School Untad Palu tergolong sedang dengan persentase sebesar 55,07?n miskonsepsi tertinggi terdapat pada subkonsep asas black dengan persentase rata- rata sebesar 66,67%. Kata kunci: Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Kalor |