JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA |
Nama: NUR AFIFAH RIZKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Afifah Rizki, 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Motivasi Belajar Siswa ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Ielda Paramitha, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard yang dapat motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media flashcard dirancang melalui platform Canva untuk desain visual dan Assembler Edu untuk integrasi konten AR. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba melibatkan 20 siswa dan 3 guru IPA, dengan pengumpulan data melalui angket motivasi belajar, angket respon siswa dan guru, serta pretest-posttest. Hasil validasi menunjukkan skor ahli media 4.59 (sangat layak) dan ahli materi 3.50 (layak). Respon guru dan siswa termasuk kategori sangat layak dengan skor masing-masing 4.41 dan 4.37. Motivasi belajar siswa meningkat dengan skor 4.02 (kategori tinggi) dan N-Gain sebesar 72.34% (kategori tinggi). Media juga terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa, terlihat dari kenaikan rata-rata posttest (77.95) dibandingkan pretest (20.9). Penelitian menyimpulkan bahwa media flashcard berbasis AR ini layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran inovatif. Saran penelitian meliputi peningkatan kualitas bahan fisik (misalnya laminating) dan pengembangan ke materi fisika lainnya. Kata-kata kunci: flashcard, Augmented Reality, motivasi belajar, model ADDIE, media pembelajaran. |