Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MAN 2 KOTA PALU
Nama: ADI RATNA
Tahun: 2025
Abstrak
Adi Ratna, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Muhammad Jarnawi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika materi suhu dan kalor dikelas XI MAN 2 Kota Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 107 siswa. Pengambilan Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI J sebagai kelas eksperimen dan XI I sebagai kelas kontrol. Desain Penelitian yang digunakan Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian dengan jumlah soal 15 butir yang mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 2 Kota Palu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa di kelas XI J dan siswa kelas I. Hal ini ditunjukan oleh perhitungan menggunakan jasa komputer MiniTab dimana nilai Sig (2-tailed)= 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 2 Kota Palu. Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Fisika, Kuasi Eksperimen.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up