Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Guru Fisika SMA Di Kota Palu
Nama: RARA ADILLAH MADANI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru fisika di SMA Kota Palu. Fokus utama penelitian mencakup pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran berdiferensiasi, implementasinya dalam proses pembelajaran, serta kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru fisika di tiga sekolah berbeda, yaitu SMA Negeri 1 Palu, MAN 2 Kota Palu, dan SMA Labschool Untad Palu. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang tinggi terhadap prinsip diferensiasi, dan telah menerapkannya dalam aspek konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Namun, guru masih menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu, rendahnya minat belajar siswa, serta kurangnya fasilitas dan pelatihan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan berkelanjutan untuk mengoptimalkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas fisika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up